Selasa, 09 Desember 2008

Mac OS dan Sejarahnya

Apple meluncurkan update security terbaru untuk Mac OS X and OS X Server, yang sebelumnya terdapat 40 celah yang rentan untuk dimasuki seseorang agar dapat menjalankan ataupun menghentikan program tertentu dari tempat yang jauh atau dapat berperan utama untuk pembobolan data yang rahasia seperti CUPS, International Components for Unicode, dan CFNetwork ketika memasuki website tertentu. Selain itu, update terbaru ini juga mampu mengatasi masalah keamanan yang memungkinkan local user untuk memanipulasi file dengan wewenang user lain dalam Mail, membuat attacker dapat mengetahui file-file rahasia, membobol password dari sso_util ke local user lain, memalsukan username pada server dengan Wiki Server, dan tidak adanya peringatan kepada user sebelum membuka content tertentu yang tidak aman. Ditambah lagi, update security ini juga telah mengatasi adanya aplikasi tertentu yang ada di dalam file image, GIF dan JPEG2000, yang langsung dieksekusi ketika user membuka file gambar dengan tipe BMP, GIF dan JPEG2000. Adanya celah kekurangan tersebut ditemukan oleh tersebut Core Security, minggu lalu. Security Update 2008-003 ditujukan untuk Mac OS X v 10.4.11 and Mac OS X Server v 10.4.11, termasuk untuk versi terakhir Leopard pada Mac OS X v 10.5.3.

Apple bagi para penggemarnya, pada hari Selasa (18/3) yang lalu Apple mengeluarkan versi terbaru browser-nya, Safari 3.1. Browser Safari 3.1 dari Apple ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi untuk Mac dan Windows. Menurut Apple, browser Safari 3.1 ini telah mendukung berbagai standart HTML 5, termasuk didalamnya tag-tag terbaru untuk audio dan video serta CSS animasi.

Untuk versi terbaru browsernya ini dari pihak Apple mengklaim bahwa Safari 3.1 ini 1,9 kali lebih cepat daripada Internet Explorer 7 dari Microsoft, serta 1,7 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox 2. Selain itu Apple juga menyatakan bahwa Safari 3.1 dapat menjalankan Javascript 6 kali lebih cepat daripada browser-browser lainnya.

Apple menawarkan browser Safari 3.1 ini sebagai software free-download. Dalam beberapa kali pembuatan Safari, ini merupakan kali pertama Apple menyediakan versi Windows dari Safari. Versi Windows dari browser Safari ini akan mulai tersedia pada akhir Juni yang akan datang.

Untuk menjalankan browser Safari 3.1 dari Apple ini, pemakai sistem operasi (OS) Mac setidaknya sudah harus memakai versi Mac OS X Leopard atau Mac OS X Tiger version 10.4.11. Sedangkan bagi para pemakai OS Windows dari Microsoft, setidaknya sudah harus memakai OS Windows XP atau Windows Vista. (dna)

Browser Safari 3.1


foto berita artikel
Sejak pertama kali diluncurkan pada Februari yang lalu, Apple MacBook Air langsung menyedot perhatian para komunitas mobile oleh karena rumor yang beredar mendahuluinya mengenai revolusi desainnya yang dikabarkan akan menjadikannya notebook paling tipis yang pernah ada.

Dan ternyata Apple MacBook Air tidak hanya menjadi notebook super tipis, tapi juga ringan sehingga nyaman untuk dibawa ke mana pun. Selain dari sisi desain, Apple MacBook Air tetap mempertahankan kualitasnya sebagai notebook papan atas. Dari sisi display layar, Apple MacBook Air mempunyai kejernihan warna yang vibrant dan intense backlight, serta feature untuk menyesuaikan kontras gelap terang yang baik, sehingga tetap mampu menyajikan detail sisi gelap yang biasa terdapat pada game maupun movie. Display layar juga masih bisa tetap jelas walaupun dilihat dari arah 10° hingga 15° derajat dari arah tegak lurus di depan.

Berikut ini merupakan spesifikasi lengkap dari Apple MacBook Air yang di Indonesia dijual dengan harga sekitar 18 jutaan :

  • Mac OS X v10.5.1 Leopard and Windows Vista Ultimate
  • Intel Core 2 Duo P7500 1.6GHz (4MB L2 cache, 800MHz frontside bus)
  • 2GB 667MHz DDR2 SDRAM
  • 80GB 4200rpm parallel ATA hard disk drive
  • 13.3" glossy widescreen TFT LED backlit display (1280 x 800)
  • Intel GMA X3100 graphics (144MB of shared memory)
  • iSight webcam
  • AirPort Extreme WiFi (IEEE 802.11a/b/g/n)
  • Bluetooth 2.1 + EDR (Enhanced Data Rate)
  • Micro DVI, USB 2.0 port (480Mbps), Audio out
  • Dimensions : 0.16-0.76", 12.8", 8.94" (H, W, D)
  • Weight: 3.0 pounds (3lbs 0.6oz actual)
  • Integrated 37-watt-hour lithium-polymer battery
  • 45W MagSafe power adapter with cable management system (6.5oz)

Dalam minggu ini Apple memposting sejumlah dokumen ke dalam situs web untuk menanggapi masalah ‘blue screen’ yang menimpa para pengguna Mac yang ingin meng-upgrade Sistem Operasi-nya menjadi Max OS X Leopard.

Dalam sebuah forum diskusi Apple mengenai permasalahan ini dikemukakan bahwa rata-rata kejadian ini terjadi ketika proses installasi hampir mendekati selesai dan user mencoba me-restart komputer mereka. Layar menjadi biru atau dalam istilah biasa disebut ‘blue screen’, dan cukup mengundang kekhawatiran karena jika diperbandingkan dalam istilah bahasa Windows hal ini sering dianggap sebagai ‘blue screen of death’ yang biasa terjadi jika Windows rusak.

Lebih lanjut Apple mengatakan bahwa bisa jadi permasalahan ini terkait dengan peningkatan aplikasi software dan dalam sebuah artikel ComputerWorld mengidentifikasi ‘Unsanity’s APE Software’ sebagai sumber dari semua permasalahan ini. Aplikasi Unsanity ini sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan para pengguna Mac untuk mengkostumisasi penampilan dari Mac OS. Dari pihak Unsanity sendiri menanggapi pernyataan ComputerWorld ini dengan mengatakan bahwa masalah tersebut mungkin terjadi karena pemakaian versi APE yang diproduksi sebelum Apple berganti memakai chip Intel.

Namun hal lain yang kemudian menjadi masalah adalah pemberitaan di Apple’s Support Forum bahwa permasalahan serupa juga menimpa para pengguna Mac yang tidak menginstall APE software. Jadi nampaknya permasalahan ini terjadi bukan semata oleh karena kesalahan pihak ketiga. Dari pihak Apple merekomendasikan dua macam solusi untuk mengatasi masalah ini. Yang pertama adalah bagi pemakai baru, pemakai harus menginstal kembali Leopard memakai metode ‘Archive and Install’. Sedangkan yang kedua bagi para pemakai Mac yang telah mengalami permasalahan ini dapat mencari solusi lain yang melibatkan beberapa baris perintah untuk mengatasi masalah ini. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada forum diskusi support Apple.


Apple Inc., dahulunya Apple Computer, Inc. (NASDAQ: AAPL), ialah perbadanan multinasional Amerika Syarikat yang mengkhususkan perekaan bentuk serta pengilangan produk elektronik pengguna dan perisian yang berkait. Berpusat di Cupertino, California, Apple mengembangkan, menjual, dan mendukung berbagai-bagai komputer peribadi dan pemain media mudah alih, serta juga perisian dan perkakasan komputer tambahan. Jualan tahunan Apple di seluruh dunia pada tahun fiskal 2006 (berakhir pada 30 September) ialah AS$19.3 bilion.[1]

Apple kini terlibat dalam penciptaan konsep teknologi baru (seperti iPhone, dan Apple TV), serta ciri-ciri untuk Mac OS X "Leopard", sistem pengendaliannya yang baru. Syarikat ini juga mengendalikan kedai dalam talian untuk menjual perkakasan dan perisian, selain daripada iTunes Store, laman webnya yang membekalkan muzik, buku audio, permainan, video muzik, pertunjukan TV, dan filem digital yang boleh dimuat turun. Produk-produk perkakasan syarikat yang paling terkenal termasuk barisan komputer peribadi Mac dan peranti-peranti persisian berkait, barisan pemain media mudah alih iPod, serta iPhone yang dikeluarkan pada pertengahan tahun 2007. Selain itu, produk-produk perisian Apple yang paling terkenal termasuk sistem pengendalian Mac OS dan suit perisian iLife yang merupakan berkas produk perisian kreatif bersepadu untuk para amatur. (Kedua-dua Mac OS dan iLife dibekalkan secara bersama-sama dengan semua jualan Mac). Tambahan pula, Apple juga merupakan pembekal produk perisian industri audio dan filem profesional (serta juga "prosumer") yang utama. Aplikasi-aplikasi profesional dan "prosumer" Apple yang digunakan, terutamanya dalam komputer Mac, termasuk Final Cut Pro, Logic Audio, Final Cut Studio, dan alat-alat industri yang berkait.

Diperbadankan pada 3 Januari 1977 [2], syarikat in mula-mulanya dikenali sebagai Apple Computer, Inc. selama 30 tahunnya yang pertama. Pada 9 Januari 2007, syarikat ini menggugurkan perkataan "Computer" daripada nama korporatnya agar membayangkan bahawa Apple yang pada suatu ketika terkenal untuk produk-produk komputer, kini membekalkan berbagai-bagai produk elektronik pengguna.[3] Pertukaran nama yang menyusul pengumuman Apple tentang smartfon iPhone dan sistem video digital Apple TVnya membayangkan peluasan berterusan syarikat ke dalam pasaran elektronik pengguna, selain daripada tumpuan tradisionalnya dalam komputer peribadi.[4]

Apple juga mengendalikan 180 buah kedai jualan runcit di Amerika Syarikat, Jepun, United Kingdom, Kanada, dan Itali.[5] Kedai-kedai itu menjual kebanyakan produk Apple serta juga produk-produk pihak ketiga, dan membekalkan dukungan dan pembaikan perkakasan dan perisian Apple. Apple kini menggaji melebihi 20,000 pekerja tetap dan pekerja sampingan di seluruh dunia.[6]


Tidak ada komentar: